Tempat Wisata yang berada di Kota Tangerang Banten

          Ada beberapa  tempatisata di Kota Tangerang yang menyuguhkan wisata alam, kuliner, air, sejarah, religi hingga edukatif untuk penduduk Tangerang dan sekitarnya. Berikut daftar lengkap wisata tangerang yang ada dan bisa dijadikan referensi ketika anda berkunjung ke Tangerang.

Kelenteng Boen Tek Bio

Gambar terkait

Tidak hanya menyuguhkan kehidupan modern serta wisata alam saja, tempat wisata di Tangerang juga menyuguhkan wisata religi seperti Kelenteng Boen Tek Bio yang berada di Jalan Bhakti No. 14, Pasar Lama, Kota Tangerang. Kelenteng yang dinobatkan sebagai kelenteng tertua di Kota Tangerang karena sudah berdiri sejak tiga abad yang lalu menjadi tempat wisata daerah Tangerang yang bersifat religi yang tidak boleh dilupakan ketika berkunjung ke Kota Tangerang. Desain dari kelenteng ini sama seperti kelenteng pada umumnya yaitu ada aula utama yang memajang altar Dewa Bumi atau Hok Tek Tjeng Sian dan rupang dari Yang Maha Pengasih dan Penolong atau disebut Lek Hud atau Mi Le Fo. Selain itu, ada aturan yang harus ditepati pada pengunjung kelenteng ini seperti mengisi buku tamu dan memahami aturan kelenteng seperti tidak boleh masuk ke area peribadatan atau masuk ke are terlarang lainnya di kelenteng ini.

Pantai Tanjung Pasir

Hasil gambar untuk objek wisata pantai tanjung pasir


Meskipun Kota Tangerang menjadi kota industri tetapi masih ada tempat wisata di Tangerang Selatan yang menyuguhkan keindahan alam seperti Pantai Tanjung Pasir yang berada di dua puluh lima kilometer sebelah utara Kota Tangerang. Selain menyuguhkan keindahan pantai, di Pantai Tanjung Pasir pengunjung juga bisa menyeberang ke Pulau Seribu dengan kapal kayu yang disewa dengan harga murah serta lengkap dengan jaket pelampung yang menjamin keselamatan para pengunjung. Pengunjung juga bisa melihat aktivitas nelayan menangkap ikan di lautan Pantai Tanjung Pasir.

Bendungan Pintu Air Sepuluh

Hasil gambar untuk wisata Bendungan Pintu Air Sepuluh

Objek wisata bendungan pintu air 10 merupakan wisata air di Tangerang yang masuk dalam kategori salah satu destinasi wisata alam Tangerang dan tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Tangerang. Bendungan merupakan salah satu bukti peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1927 berupa sepuluh pintu dengan lebar masing-masing sepuluh meter. Pada eranya, bendungan pintu air sepuluh memiliki fungsi yang vital bagi penduduk Tangerang dan sekitarnya karena berfungsi untuk mengatur debit air serta membendung arus air sungai Cisadane. Namun, seiring perkembangan jaman fungsi dari bendungan pintu air 10 menjadi tempat wisata Tangerang dan sekitarnya untuk bermain, memancing atau sekadar hangout atau kongkow karena udara di sekitar bendungan pintu air 10 yang berada di Jalan Sangengo, Karawaci, Tangerang teramat sejuk.

Hutan Kota BSD (Bumi Serpong Damai)

Gambar terkait

Tempat wisata di Tangerang yang berikutnya adalah hutan kota BSD atau Bumi Serpong Damai yang merupakan Tempat wisata di Tangerang Serpong yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung atau singgah di kawasan Serpong, Tangerang. Kehadiran hutan kota BSD ini membuktikan bahwa meski pun kota Tangerang merupakan kota industri tetapi mereka tetap membudayakan penghijauan dan go green dengan membangun hutan buatan yang dikelola oleh perumahan Bumi Serpong Damai atau BSD. Sejauh ini sudah ada dua hutan buatan milik perumahan Bumi Serpong Damai yang berada di daerah dekat Ocean Park dan Taman Tekno di jalan yang menuju Parung, Kota Bogor. Untuk hutan kota BSD yang berada di kawasan sekitar Ocean Park berupa hutan rimba yang memiliki jogging track yang bisa dimanfaatkan oleh penghuni kompleks perumahan Bumi Serpong Damai dan sekitarnya. Sedangkan, untuk hutan kota BSD yang berada di sekitar Taman Tekno di bilangan jalan menuju Parung, Bogor merupakan kombinasi dari hutan dan sungai yang melintang sepanjang hutan. Kedua hutan buatan yang berada di jantung kota Tangerang ini bisa menjadi wisata Tangerang Selatan yang menyuguhkan keindahan alam sekaligus tempat yang indah untuk menyalurkan hobi fotografi.

                                  Masjid Pintu Seribu








Selain ada tempat wisata di jakarta barat yang menyimpan banyak sejarah, di Tangerang juga ada Masjid Raya Al Azhom yang merupakan destinasi wisata religi. Ada pula Masjid Pintu Seribu atau dikenal dengan nama Masjid Agung Nurul Yaqin yang berdiri di atas tanah seluas satu hektar. Masjid yang berada di sekitar Kampung Bayur ini merupakan tempat wisata di Tangerang yang terkenal hingga ke mancanegara karena pengunjungnya bisa berasal dari Malaysia atau Brunei Darussalam. Hal yang menarik dari Masjid Pintu Seribu atau Masjid Agung Nurul Yaqin adalah kehadiran tasbih berukuran raksasa yang terbuat dari kayu yang hanya bisa ditemui di masjid yang didirikan pada tahun 1978.


Taman Buaya Tanjung Pasir

Gambar terkait

Di Kota Tangerang yang merupakan kota industri pun memiliki tempat untuk penangkaran buaya yang bernama Taman Buaya Tanjung Pasir yang berada di kawasan Teluk Naga, Tangerang. Penangkaran ini bisa dengan mudah ditemui karena berada di tepi jalan dan pada bagian depannya terdapat patung buaya berukuran besar. Sejak didirikan pada tahun 2002, Taman Buaya Tanjung Pasir sudah memiliki sekitar lima ratus buaya yang ditangkarkan. Tidak hanya menangkarkan buaya, di Taman Buaya Tanjung Pasir pun dijual beragam produk dari kulit buaya seperti topi, dompet, tas, ikat pinggang dan telur buaya.

Masjid Raya Al Azhom

Hasil gambar untuk masjid raya al azhom tangerang jalan satria - sudirman sukaasih kota tangerang banten

Masjid Raya Al Azhom menjadi salah satu destinasi wisata Kota Tangerang yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Masjid yang dinobatkan sebagai masjid terbesar dan termegah di Kota Tangerang ini memiliki desain yang unik dan tidak ditemukan di masjid-masjid lain karena memiliki ciri khas tersendiri. Masjid Raya Al Azhom memiliki tiga jenis kubah yang unik dan terdiri dari lima kubah berwarna biru yang disusun secara bertumpuk. Empat kubah yang menjadi penyangga serta satu kubah utama yang begitu megah. Masjid raya Al Azhom berdiri di atas tanah seluas dua hekat dan bisa menampung lima belas ribu orang yang membuatnya menjadi masjid terbesar dan termegah di Kota Tangerang. Masjid Raya Al Azhom bisa menjadi destinasi wisata Tangerang murah karena tidak perlu uang atau tiket masuk untuk masuk ke masjid ini. Selain bisa menjadi tempat bertransit untuk ibadah, Masjid Raya Al Azhom Tangerang bisa menjadi tempat melepas lelah karena ada banyak lampu-lampu cantik yang menghiasi masjid dan begitu sedap untuk dipandang mata.

Puau Cangkir


Gambar terkait
Pulau Cangkir merupakan tempat wisata di Kota Tangerang yang menjadi favorit penduduk Tangerang dan sekitarnya karena objek wisata ini adalah perpaduan antara wisata bahari, sejarah dan ziarah. Pulau yang memiliki luas dua puluh lima hektar ini berada di Kecamatan Krojo, Kota Tangerang. Selain menyuguhkan keindahan alam, yang menjadikan Pulau Cangkir sebagai destinasi wisata sejarah dan ziarah adalah adanya makam dari Pangeran Jaga Lautan yang merupakan tokoh penting dalam penyebaran agama Islam di wilayah Banten yang sekitarnya.

Taman Potret


Taman Potret adalah salah satu tempat wisata di Tangerang yang saat ini sangat populer di kalangan anak muda, apalagi yang sedang ber-selfie ria dan diunggah ke media sosial. Taman yang terletak di dekat Tangerang City Mall ini memiliki banyak spot untuk berfoto. Ada kapal layar klasik, pendopo khas Betawi, jembatan merah, dan lain sebagainya. Di dekat spot-spot foto ini ada tempat bermain untuk anak-anak dan juga beberapa stall jajanan dan kuliner. Kalau kamu lapar setelah foto-foto dan mau istirahat sambil makan, gak perlu keluar dari area taman.

Situ Cihuni


Situ Cihuni adalah kawasan argowisata yang sering digunakan sebagai tempat liburan keluarga. Tempat ini merupakan kawasan wisata unik karena pemandangannya sangat indah dan penuh dengan jajaran pohon pinus. Di tempat ini juga ada danau yang menambah keindahan pemandangannya. Di tempat ini, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas termasuk makan di saung-saung bambu atau mencoba bertani di kawasan persawahan yang terbuka untuk wisatawan.
Alamat Scientia Square Park: Cihuni, Pagedangan, Tangerang.

Situ Bulakan



Situ Bulakan adalah taman wisata yang terletak di tengah kota Tangerang. Meski letaknya di tengah kota, taman wisata ini sangat asri dan terbilang terjangkau biayanya. Saat berwisata di tempat ini, kamu bisa menikmati berbagai wahana permainan air dan darat. Ada permainan sepeda air, jetski, flying fox, dan wahana permainan untuk anak-anak. Untuk masuk ke tempat wisata ini, kamu tidak perlu beli tiket masuk. Tapi, untuk menikmati wahana-wahana seperti flying fox dan lain-lainnya, ada tiket yang harus dibayar.
Alamat Situ Bulakan: Jl. Mutiara Pluit Utama Kota Tangerang




Sumber :
https://tempatwisataindonesia.id


Komentar

Postingan populer dari blog ini